Friday, 9 October 2015

Psikologi manajemen tugas minggu 2

I. Definisi Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan kepada orang lain. 

Definisi komunikasi menurut para ahli:

Carl I. Hovland

Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan pesan (lambang-lambang verbal) untung mengubah perilaku orang lain.

Rogers bersama D. Lawrence Kincaid

Komunikasi adalah  suatu proses dimana dua orang atau lebih melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada akhirnya mereka saling memahami.

Analisis:

Jadi, inti dari definisi-definisi komunikasi atas dapat disimpukan bahwa komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih yang menghasilkan suatu informasi atau pesan.

II. Dimensi-dimensi Komunikasi

A. Isi

Dimensi isi menunjukan isi dari komunikasi. Dimensi isi secara verbal, symbol atau pesan verbal adalah semua jenis symbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Hampir semua rangsangan wicara yang kita sadari termasuk kedalam kategosi pesan verbal disengaja, yaitu usaha-usaha yang dilakukan secara sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara lisan. Sedangkan bahasa verbal adalah sarana untuk menyatakan pikiran, perasaan, dan maksud kita.

B. Kebisingan

Kebisingan adalah tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi.

 C. Jaringan

Jaringan adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung  pada (jaringan satelit).

D. Arah

1. Komunikasi satu arah

Komunikasi satu arah adalah komunikasi dimana pencapaian idea-idea, pendapat, dan informasi hanya dilakukan satu pihak, sedangkan pihak lain pasif tidak memberikan reaksi atau respon sama sekali.

2. Komunikasi dua arah

Komunikasi dua arah berarti kedua belah pihak aktif menyampaikan idea-idea, pendapat, serta bahan informasi, dsb. Komunikasi dua arah tersebut akan berlangsung selama tidak ada yang pasif atau tertutup tidak bersedia berkomunikasi lagi.

Analisis: 

Dimensi-dimensi dalam komunikasi ada 4, yaitu dimensi arah, kebisingan, jaringan, dan arah. 

Daftar Pustaka :

- Mulyana, Deddy.(2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, Ashar Sunyoto. 2008. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

-    Setyobroto, Sudibyo. (2004). Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

No comments:

Post a Comment